Blog berisi liputan acara dan tulisan pribadi.

Selasa, 06 Februari 2018

BPK Kawal Harta Negara Masyarakat Jaga BPK Agar Tidak Masuk Angin

Pagi ini, saya ingin mengulas sedikit mengenai Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang menjadi tonggak keuangan negara. Tentu saja, tugas negara ini sangatlah berat, oleh karena itu, peran masyarakat dalam mengontrol diperlukan sekarang ini.

Dalam UU No. 15 tahun 2006 ini secara jelas dikatakan bahwa BPK harus berposisi sebagai lembaga pemeriksa yang bebas, mandiri, dan professional. Ini sangat diperlukan dalam rangka upaya menciptakan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

Dari pasal yang disebutkan di atas, tentu kita akan bertanya-tanya, dimana dan bagaimana peran masyarakat dalam mengawal keuangan negara, karena dengan pasal di atas kita dapat menggambarkan bahawa ketegasan BPK dalam melakukan fungsinya bekerja dengan bebas, mandiri dan professional, rasanya tidak ada lagi celah bagi masyarakat dalam mengontrol lembaga negara ini. Nah, ini adalah kelegowoan BPK dalam mengawal harta Negara ini diperlukan kontrol masyarakat dalam melakukan tugas dan fungsinya.

Dibawah ini cara sederhana yang harus kita lakukan dalam mengontrol BPK dalam kawal harta negara.

1. Update informasi tugas yang dilakukan oleh BPK

Dalam mengawal keuangan negara, disini diperlukan tenaga yang ekstra dan jeli, agar BPK berjalan sesuai dengan tugas fungsinya. Seperti halnya dikutip dari laman bpk.go.id bahwa Peran dan tugas pokoknya bisa diuraikan dalam dua hal. Pertama, BPK adalah pemeriksa semua asal-usul dan besarnya penerimaan negara, dari manapun sumbernya. Kedua, BPK harus mengetahui tempat uang negara itu disimpan dan untuk apa uang negara itu digunakan.

Dengan mengetahui tugas dan fungsi BPK, masyarakat akan dengan mudah mengontrol wilayah mana saja yang lemah dan kuat, ini bertujuan memberikan kritik membangun kepada BPK, agar BPK tidak masuk angin dalam kawal harta Negara.

2. Mengikuti lomba blog dan workshop BPK

Untuk mendorong agar BPK terus professional, masyarakat dapat pula mengikuti kegiatan yang dilakukan oleh BPK. Baik lomba blog, lomba menulis atau sejenisnya maupun workshop ini dapat membantu masyarakat untuk mengenal BPK lebih jauh. Melalui kegiatan ini pula masyarakat tidak buta dengan tugas dan fungsi BPK dalam mengawal harta negara.
Masyarakat semakin tahu dengan informasi melalui proses membaca yang dituangkan dalam blog atau lomba menulis, ini merupakan cara jitu yang dilakukan oleh BPK, mengedukasi tanpa menggurui. Kegiatan positif ini patut diacungi jempol, selain masyarakat diberikan edukasi, masyarakat juga mendapatkan pemahaman secara holistik tentang apa saja yang dilakukan oleh BPK.

3. Memviralkan informasi terkini dari BPK

Nah, di era serba digital ini, peran masyarakat dalam mengawal dan mengontrol BPK akan lebih cepat dan mudah diterima oleh masyarakat dengan memviralkan apa saja yang dianggap penting. Media sosial sebagai wadah yang saat ini digandrungi oleh siapapun, dengan memviralkan, masyarakat secara luas akan cepat menangkap tentang apa saja yang dilakukan oleh BPK.

Bila tidak memanfaatkan momen digital ini, BPK jauh ketinggalan dalam meraih simpati dari masyarakat yang doyan akan sosial media. Untuk itu, BPK harus terus menggalakkan lomba atau workshop lain nya guna menarik simpati masyarakat agar terus peduli tidak hanya pada BPK, tetapi lembaga lain nya yang memang konsen juga pada kesejahteraan masyarakat.

4. Memantau tiap hari isu tentang BPK

Isu yang beredar di masyarakat mengenai kegiatan dan apa saja yang menjadi buah bibir, harus segera ditangkap menjadi sebuah gerakan dalam membantu menyukseskan program BPK Kawal Harta Negara. Kawal harta negara ini bisa juga sebagai gerakan movement ke arah yang lebih baik.

Gerakan BPK Kawal Harta Negara adalah gerakan dari sanubari bahwa masih ada gerakan positif yang lahir dari kepedulian masyarakat terhadap lembaga negara dalam mengontrol keuanga negara.

5. Memberikan saran dan kritik membangun untuk BPK

Kritik yang membangun adalah senjata untuk melakukan perubahan yang lebih baik. BPK harus mendengarkan masyarakat dari berbagai elemen tentang akuntabiltas dan keseriusan BPK dalam mengawal BPK, agar keuangan negara tidak diselewengkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, sehingga distribusi keuangan bisa diterima kepada orang yang betul-betul membutuhkan dengan baik.

Dengan cara diatas, kiranya masyarakat dapat membantu BPK Kawal Harta Negara dengan baik. Kepedulian masyarakat sangat dibutuhkan lembaga dalam mengarungi roda zaman yang serba digital.

Adapaun media sosial BPK diantaranya:
 

11 komentar:

  1. Benar, dengan 5 cara itu, setidaknya kita sudah berperan dan mengontrol BPK untuk mengawal harta negara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, 5 cara di atas menjaga marwah BPK agar tetap berjalan professional dan tidak masuk angin.

      Hapus
  2. hahah lucu istilahnya mas'e biar gak masuk angin dikerokin dulu wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, istilah ini diambil agar BPK konsisten pada independensinya mengawal harta negara.

      Hapus
  3. Mengawal dg yg kita bisa ya kang. 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sederhananya seperti itu kang. BPK Harus terus dipantau. Meskipun BPK sendiri sudah bekerja secara professional.

      Hapus
  4. sepertinya 5 cara itu menjadi peran penting bagi kita, untuk terus mendukung bpk sepenuhnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, ini ikhtiar yang saya dan kita lakukan dalam mengontrol lembaga yang hebat ini.

      Hapus
  5. Yups!

    Kita sebagai masyarakat Indonesia harus membantu BPK Kawal Harta Negara dengan baik. Kepedulian masyarakat sangat dibutuhkan lembaga dalam mengarungi roda zaman yang serba digital.

    BalasHapus
  6. Wih ternyata kita yg rakyat biasa bs bantu control BPK ya, sip sip itu hrs di optimalkan

    BalasHapus
  7. Mantap banget BPK ini.
    Maju terussss

    BalasHapus

Bagaimana Kriteria Hunian yang Sehat Savasa Deltamas Jawaban nya

Opening Ceremony SAVASA Deltamas  Opening Ceremony Marketing Gallery digelar begitu meriah. Acara yang berlangsung di Savasa Marketing...