Senin, 12 Februari 2018

Mudik Motor Gratis Dirjen Perkeretaapian Kembali Membuka Pendaftaran

Zulfikri, Direktur Jenderal Perkeretaapian 

Ada info menarik nih manteman, hari ini, senin 12 Februari 2018 saya mengikuti press conference bersama temen blogger @taudariblogger.info di kantor Kementerian Perhubungan. Pendaftaran Angkutan Motor Gratis (Motis) Tahun 2018 dengan kereta api, kembali dibuka oleh Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian pada tanggal 9 Februari 2018 kemarin. Oleh karena itu, buat temen-temen yang memiliki saudara, tetangga atau keluarga besar yang ingin mudiknya tidak terlalu repot, aman terkendali, Direktorat Jenderal Perkeretaapian mengajak kita semua untuk mudik dengan menggunakan Motor Gratis. Beneran loh, ini gratis!

Zulfikri selaku Direktur Jenderal Perkeretaapian mengatakan bahwa Mudik Motor Gratis ini bertujuan untuk mewujudkan angkutan Lebaran yang aman, nyaman dan menjamin keselamatan khususnya bagi pemudik yang terbiasa menggunakan sepeda motor selama perjalanan mudik Lebaran.

Nah, kita ketahui bersama bahwa angkutan Mudik Motor Gratis (Motis) ini sudah  berjalan selama 5 (lima) tahun lohhh. Mudik Motor Gratis dilaksanakan sejak tahun 2014 lalu.

Mudik Motor Gratis ini setiap tahun nya selalu bertambah. “jumlah lintas pelayanan, load factor dan subsidi Angkutan Motis meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2014 dan 2015 baru tersedia 2 (dua) lintas pelayanan, kemudian di tahun 2016 sampai tahun 2018 bertambah menjadi 3 (tiga) lintas pelayanan,” kata Zulfikri dalam penjelasan kepada para awak media.

Dari data yang disampaikan oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian bahwa jumlah total peserta Angkutan Motis pada tahun 2014 sebanyak 4.538 peserta dari total kuota sebanyak 8.700 (load factor 52%) dengan besaran subsidi Rp 9,2 Milyar. Nah, untuk tahun 2015, jumlah peserta Angkutan Motis tercatat 5.438 dari kuota 9.827 (load factor 55%) dengan subsidi Rp 6,5 Milyar.

Animo masyarakat yang begitu besar, sehingga Pemerintah kembali menambah subsidi Angkutan Motis menjadi Rp 20 Milyar di Tahun 2016, dengan total kuota 15.834 dan realisasi 11.560 peserta (load factor 73%). Kemudian di tahun 2017 dan 2018, subsidi Angkutan Motis menjadi Rp 36,5 Milyar, dengan kuota 18.096 dan realisasi Angkutan Motis Tahun 2017 sebanyak 15.276 peserta (load factor 84%).

Direktur Jenderal Perkeretaapian, Zulfikri menyampaikan, “Dengan adanya penyelenggaraan Angkutan Motis ini, diharapkan bagi masyarakat yang selama ini masih menggunakan sepeda motor untuk melakukan perjalanan mudik, mau beralih untuk menggunakan layanan yang telah disediakan oleh Pemerintah”.

Cara Daftar nya Bagaimana?

Direktur Jenderal Perkeretaapian tak henti-hentinya mengajak masyarakat untuk mengikuti Angkutan Mudik Motor Gratis (Motis) 2018, dengan cara mendaftarkan diri disertai kelengkapan persyaratan dan ketentuan melewati pendaftaran online maupun pendaftaran langsung di stasiun-stasiun yang sudah ditunjuk.

Bagi masyarakat yang mau mendaftarkan diri melalui online dapat mengakses situs mudikgratis.dephub.go.id dan melakukan verifikasi langsung peserta yang dilaksanakan pada tanggal 9 Februari 2018 s/d 24 Juni 2018. Bagi peserta Angkutan Mudik Motor Gratis (Motis) 2018 nantinya akan difasilitasi oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian untuk mendapatkan tiket KA Penumpang maksimal untuk 3 (tiga) orang, baik KA Ekonomi PSO, KA Ekonomi Non-PSO serta KA Tambahan sampai hari ke-30 (tiga puluh) penjualan KA Tambahan.

Nih, biar tidak bingung, masyarakat bisa mendaftarkan diri langsung. Angkutan Motis 2018 yang dilaksanakan di 13 stasiun, adapun stasiun nya yaitu Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, Stasiun Kemayoran, Stasiun Tangerang, Stasiun Depok Baru, Stasiun Bogor, Stasiun Serpong, Stasiun Tanjung Priok, Stasiun Cikarang, Stasiun Cimahi, Stasiun Bandung, dan Stasiun Kiaracondong. Pendaftaran langsung Angkutan Motis untuk arus balik, dilaksanakan di Stasiun persinggahan KA Motis di daerah-daerah yang dilaksanakan pada tanggal 9 Mei s/d 24 Juni 2018.

Untuk waktu Angkutan Mudik Motor Gratis Tahun 2018 ini akan dilaksanakan selama 13 (tiga belas) hari lohh, jadi manfaatkan waktunya yaa.. jangan sampai ketinggalan, yaitu:
  • Untuk arus mudik dilaksanakan selama 6 hari dimulai dari tanggal 8 s/d 13 Juni 2018;
  • Untuk arus balik dilaksanakan selama 7 hari dimulai dari tanggal 19 Juni s/d 25 Juni 2018.
Angkutan Motor Gratis tahun 2018, terbagi atas 3 lintas pelayanan, yaitu :
  1. Lintas Utara : Sta. Jakarta Gudang  - Sta. Cikarang - Sta. Cirebon Prujakan - Sta. Tegal - Sta. Pekalongan - Sta. Semarang Tawang - Sta. Ngrombo - Sta. Cepu - Sta. Bojonegoro - Sta. Babat - Sta. Surabaya Pasarturi;
  2. Lintas Selatan I : Sta. Jakarta Gudang  - Sta. Cikarang - Sta. Cimahi - Sta. Sta. Kiaracondong - Sta. Tasikmalaya - Sta. Banjar  - Sta. Sidareja  - Sta. Maos - - Sta. Kroya - Sta. Gombong - Sta. Kebumen - Sta. Kutoarjo;
  3. Lintas Selatan II : Sta. Jakarta Gudang  - Sta. Cikarang - Sta. Cirebon Prujakan - Sta. Purwokerto - Sta. Kroya - Sta. Kutoarjo - Sta. Lempuyangan - Sta. Klaten - Sta. Purwosari - Sta. Madiun - Sta. Kertosono - Sta. Kediri - St. Tulungagung - Sta. Blitar.
Rangkaian KA barang yang akan dioperasikan untuk mengangkut sepeda motor peserta Motis tahun 2018 terdiri atas 8 Gerbong. Masing-masing gerbong berkapasitas 58 motor, dengan kapasitas angkut 1 rangkaian KA barang sebanyak 464 motor. Masing-masing lintas layanan akan dioperasikan 1 rangkaian KA barang, dengan total kapasitas angkut KA barang dalam satu hari  sebanyak 1.392 sepeda motor.

Sehingga selama penyelenggaraan Motis tahun 2018 yang berlangsung selama 13 hari, kapasitas sepeda motor yang dapat diangkut oleh KA Barang tersebut sebanyak 18.096 sepeda motor. Nah, untuk ketentuan motor yang boleh didaftarkan untuk Angkutan Motis Tahun 2018 adalah : 1 (satu) motor berkapasitas maksimal 150 Cc, tidak boleh dimodifikasi (kecuali motor untuk difabel), pendaftar harus memiliki KTP, SIM dan STNK. Angkutan Motis ini adalah wujud perhatian Pemerintah kepada masyarakat dengan mengakomodir pemudik yang  berkebutuhan khusus. 

Sepeda motor pemudik diangkut dengan Angkutan KA gratis sampai ke tempat tujuan, sedangkan penumpangnya dapat memilih menggunakan moda transportasi umum lainnya seperti : KA penumpang ataupun bus. Hal ini demi keselamatan serta kenyamanan bagi pemudik itu sendiri, selama perjalanan mudik.

“Kami berharap, dengan adanya kegiatan Angkutan Motis dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya yang disebabkan oleh sepeda motor saat penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2018. Kami juga menghimbau kepada masyarakat, demi kelancaran Angkutan Motis 2018 masyarakat dapat memastikan dan merencanakan waktu perjalanan mudik dan balik dengan sebaik-baiknya, karena tiket yang dijual untuk mendukung Angkutan Motis 2018 tidak dapat dibatalkan dan tidak dapat diubah tanggal keberangkatan dan kepulangannya”, harap Zulfikri.

Zulfikripun menambahkan bahwa ketika motor mengalami kerusakan, maka masyarakat tidak perlu khawatir lagi karena menurutnya ada asuransi, demikian dijelaskan dalam acara hari ini. Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan bisa langsung daftar untuk Mudik Motor Gratis, silahkan buka saja DISINI




34 komentar:

  1. wahhh programmnya semoga bermanfaat yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba.. smoga aja bermanfaat untuk masyarakat luas.

      Hapus
  2. Aman dan nyaman saat mudik, kita bisa ikut program yang satu ini ya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, siapa tau bermanfaat nih mba

      Hapus
  3. Aman dan nyaman saat mudik, kita bisa ikut program yang satu ini ya mas.

    BalasHapus
  4. Wah tahun ini memang mau mudik ke pacitan, makasih informasinya mas

    BalasHapus
  5. Wah tahun ini memang mau mudik ke pacitan, makasih informasinya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. horeee, mudik juga ya mba.. kerennn bisa ikutan ini mba

      Hapus
  6. pengen ikut
    sayang kok yang lintas selatan sampai blitar saja ya
    gak sampai malang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kayaknya mas.. coba kontak langsung saja pihak kereta api nya

      Hapus
  7. pengen ikut
    sayang kok yang lintas selatan sampai blitar saja ya
    gak sampai malang

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. Iya, Mudik Motor Gratis ini menjadi agenda rutinitas ditjenperkeretapian

      Hapus
  9. upaya mengurangi kecelakaan di jalan raya yang melibatkan sepeda motor. ngeri-ngeri sedap kalo pas mudik di jalan raya ketemu sepeda motor, apalagi yang bawa anak.

    kalo saya sih mendukung sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, diharapkan dengan mudik motor gratis ini dapat meminimalisir kecelakaan di jalan.

      Hapus
  10. Wah info yang bermanfaat. Moga mudiknya lebih baik dari taun lalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiie, smoga kak.. Kita berharap, tahun ini akan jauh lebih baik, Amiien.

      Hapus
  11. Kereeen ini programnya, semoga dengan adanya MOTIS ini bener2 akan mengurangi angka kecelakaan pas mudik ya. Moga sukses..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak, diharapkan dengan MOTIS dapat mengurangi kecelakaan saat mudik, yuk ikutan MOTIS

      Hapus
  12. Barakallahu fiik...infonya.
    Mudik bagi kami selalu jadi momen istimewa yang ditunggu-tunggu. Dan mudik menggunakan kereta api jalur utara, perberhentian terakhir di st. Pasar Turi, Surabaya.

    Hiiii...sedikit lebih jauh dari rumahku...biasanya turunnya di stasiun Gubeng.
    Apa karena jenis kereta apinya yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, ini khusus kereta barang..

      Hapus
  13. Balasan
    1. Enak kak, ga cape pulang kampung.. motor udh dianterin.. hehee

      Hapus
  14. Wah, sayang sekali jalur pulkam saya bukan jalur Jawa sampai ketimuran tapi jalur ke barat.

    Tapi dengan adanya mudik gratis ini semoga bisa memberikan suatu kebanggan bagi orang2 yang ingin pulang kampung bertemu sanak keluarganya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. S'moga di tahun yang akan datang, jalaur barat ditambah kak. Iya, pasti bermanfaat sekali untuk yang pulang kampung. Sebarkan ya kak, kepada temen, saudara untuk ikut event ditjenperkeretapian.

      Hapus
  15. Wah, saya kalo ke luar kota favorit sih naik kereta. Emang nyaman dan aman kalo pergi jauh naik kereta. Semoga program motis ini bisa berjalan lancar ya dan bisa bermanfaat buat masyarakat banyak..aamin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Smoga lancar program nya kak, iya.. selain pemudik aman, juga mengurangi tingkat kecelekaan di jalan.

      Hapus
  16. wuihh menarik nih bisa mudik pake motor.. gratis pula :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, bisa disebarkan ke temen, saudara yang membutuhkan..

      Hapus
  17. wah keren emang harus gitu sih jangan bawa motor kalo mudik, berat. Biar Kemenhub saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak, solusi jitu untuk mengurangi kecelakaan di jalan.

      Hapus
  18. Wah, asik juga nih programnya. Gratis lagi. Tahun ini akan mencoba ah..

    BalasHapus
  19. Semoga semakin banyak yang berinisiatif bikin program kayak gini..dengan fasilitas dan layanan yang lebih baik..

    BalasHapus

Viu Rilis “Shunshine” Original Series Indonesia Terbaru

Laura Basuki, Film Shunshine. Dok Pribadi Langit (Dion Wiyoko) yang terlalu besar rasa cintanya kepada Bumi (Sheila Dara), membuat p...