Blog berisi liputan acara dan tulisan pribadi.

Sabtu, 14 April 2018

Mandiri Jogja Marathon Gaungkan Destinasi Pariwisata Yogyakarta



Bank Mandiri bersama Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta kembali menggelar Mandiri Jogja Marathon (MJM) 2018. Gelaran yang mempertandingkan kategori full marathon (42,195 km), half marathon (21 km), 10 km dan 5 km ini akan digelar pada 15 April 2018 di kawasan Candi Prambanan.  

Acara yang dimulai pada pukul 05.00 pagi tadi ini, membuat para peserta begitu antusias menyambutnya. Nah, adapun peserta lari mencapai 7.500 yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Perhelatan Mandiri Jogja Marathon tahun 2018 ini, mengangkat dan tentu saja akan mempromosikan kekayaan budaya dan produk lokal yang ada di Yogyakarta.

Sehingga melalui perhelatan tersebut dapat memacu pengembangan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi Provinsi Yogyakarta dan sekitarnya.

“Dari ajang ini, diharapkan kunjungan wisata ke wilayah Yogyakarta dan sekitarnya akan semakin meningkat,” ungkap Aris Riyanto, Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta.

Event Mandiri Jogja Marathon ini pula akan menggandeng berbagai instansi terkait Seperti Pemkab Sleman, Kepolisian Daerah Yogyakarta serta PT Taman wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko untuk mendukung kelancaran acara.

Termasuk pengaturan lalu lintas sehingga tidak mengganggu pelari dengan tetap menjaga kelancaran aktifitas masyarakat Oh ya, peserta yang mengikuti event ini sebagian besar berasal dari wilayah Jabodetabek dan kota-kota lain di Indonesia

Serta beberapa Negara lain seperti Malaysia, Jepang, Kenya, Brunei Darussalam, Irlandia, India, China, Brazil, Singapura, Filipina dan Australia

Mereka (pelari) akan melewati lokasi-lokasi tujuan wisata seperti Candi Prambanan Roro Jonggrang, Candi Plaosan, Monumen Taruna, kawasan pertanian serta lingkungan pedesaan dengan berbagai kearifan lokalnya.

Event tahun ini, Aris menambahkan, Pemerintah Provinsi D.I. Yogyakarta dan Bank Mandiri, melibatkan lebih banyak lagi sekolah, sanggar, komunitas seni dan kelompok-kelompok lainnya untuk berperan aktif pada Mandiri Jogja Marathon.

Sehingga, kesenian dan tradisi lokal Yogyakarta dapat lebih dikenal secara luas, baik oleh pelari, keluarga pelari, maupun pendukung lainnya.

Sementara itu, Maristella Tri Haryanti selaku Vice President Corporate Communications Bank Mandiri mengatakan, untuk memperkuat nilai tambah bagi perekonomian lokal, Bank Mandiri telah bekerjasama dengan berbagai hotel dan pelaku ekonomi lokal termasuk penjual jajanan pasar dan kuliner keraton khas Yogyakarta serta penyediaan pisang lokal untuk konsumsi pelari.

Menurut Maristella pihaknya telah membeli lebih dari 8 ribu pisang dari berbagai penjual di wilayah Yogyakarta, menyediakan kuliner kerajaan Yogyakarta, jajanan tradisional khas Yogyakarta dan lainnya yang dapat dinikmati pelari dan pengunjung prambanan di race village Mandiri Jogja Marathon 2018.

Nah, untuk kelancaran transaksi, Bank Mandiri juga telah menyiapkan jaringan pembayaran non tunai.

Skema transaksi non tunai ini merupakan bagian dari upaya memasyarakatkan cashless society yang telah dicanangkan pemerintah.

Sebagai informasi, Bank Mandiri dibantu race organizer juga melakukan sosialisasi dan penyebaran informasi rute marathon melalui berbagai kanal komunikasi agar masyarakat dapat memilih alternatif rute lain jika harus bepergian. Adapun rute tersebut dapat dilihat di www.mandirijogjamarathon.com

Sahala Parlindungan Siahaan selaku Direktur Pemasaran TWC mengatakan bahwa, TWC mendukung penyelenggaraan event ini karena dapat mendorong pengembangan pariwisata di Indonesia, khususnya Yogyakarta, sebagai salah satu destinasi wisata unggulan Tanah Air.

“Kami mendukung acara ini karena dapat membantu penciptaan ekosistem yang positif bagi kepariwisataan di Indonesia” ujar Sahala menambahkan.
Racepack Collection Peserta yang telah terdaftar di ajang Mandiri Jogja Marathon 2018 dapat melakukan pengambilan jersey dan kelengkapan lari pada 12-14 April 2018 kemarin di Hotel Royal Ambarukmo, Yogyakarta.

“Kami membuka pengambilan race pack MJM ini pada pukul 10.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB, Saat mengambil racepack, peserta wajib membawa surat konfirmasi kepesertaan, kartu identitas (KTP/SIM/Paspor) serta surat kuasa jka pengambilan diwakilkan” kata Reza menegaskan.

Penyaluran CSR 

Seiring dengan penyelenggaraan Mandiri Jogja Marathon 2018, Bank Mandiri menyalurkan bantuan senilai lebih dari Rp 1 miliar untuk memperbaiki infrastruktur jalan dan sarana umum di wilayah Kabupaten Sleman.

Secara simbolik, penyerahan bantuan tersebut dilakukan oleh Vice President Corporate Communications Bank Mandiri Maristella Tri Haryanti kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman Sapto Winarno di Yogyakarta, Senin (9/4).

“Kami ingin kehadiran Bank Mandiri dapat memberikan nilai tambah yang positif bagi masyarakat, Melalui bantuan ini, kami berharap aktifitas masyarakat di wilayah sleman dan sekitarnya dapat lebih lancar sehingga dapat perekonomian lokal dapat tumbuh ke arah yang lebih baik” tegas Maristella.

20 komentar:

  1. Wah banyak banget peserta lari yg berpartisipasi, semoga pariwisata di Jogja makin meningkat peminatnya, amin!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, banyak banget pesertanya. Amiien

      Hapus
  2. Wah banyak pelari dari negara lain, lari sekalian melihat tujuan wisata. Bisa buat promo wisata juga ya di Yogyakarta. Semoga bisa makin terkenal tujuan wisata di Yogya.

    BalasHapus
  3. Ini yg beritanya lagi heboh ya. Kalau deket main ukuran ih. Yogyakarta itu kalau lihat lingkungan meski lari sekalipun gak akan terasa cape. Hehehe

    BalasHapus
  4. Nggak hanya sehat dan senang melihat wisata aja yah, ada kepedulian CSR nya juga.

    BalasHapus
  5. Kemaren ditawari ikut acara tersebut, eh malah ada acara. Yaudah gak jadi. Padahal pengen main ke Prambanan hehe
    Mungkin bukan lagi rezeki saya untuk ikut acaranya 😀

    BalasHapus
  6. Acara yang super duper keren!
    Tahun depan semoga aku bisa ikutan :)
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  7. Akh kangen Jogya hahaha luar biasa ya pesertanya. Senang juga kalau event ini berdampak juga dengan wilayah-wilayah lain sekutar Yogyakarta

    BalasHapus
  8. Pesertanya sampe 7.500, ada yang dari luar negeri juga. Banyak banget, keren banget nih Mandiri Jogja Marathon.

    BalasHapus
  9. Bisa sekaligus membantu perekonomian lokal, bukan sekadar have fun doang. Bisa sekaligus promosi Jogja juga. Kece euy.

    BalasHapus
  10. pengen bgt ikut Marathon gini sebenernya. keren lah! Jogja emang selalu istimewa, semoga makin luas dan dikenal lagi tempat wisata di Jogja.

    BalasHapus
  11. Semoga Bank Mandiri dapat memberikan nilai tambah yang positif bagi masyarakat jogjaya

    BalasHapus
  12. Wah ini acara marathon yang di Yogya kemarin ya? Kebayang gimana ramainya Yogya kemarin dan berapa jumlah perputaran uang yang besar di sana. Semua pasti senang :D

    BalasHapus
  13. Huhu, aku mupeng sama event ini. Pengen dej jadi pesertanya. Bukan yakin menang sih, walopun hadiahnya bikin ngiler. Tapi serunya itu. Bisa cuci mata selama lari dengan hiburan yang disediakan. Belum lagi banyaknya tukang jajanan lokal yang makanan2nya udah jarang aku temui. Asyik bangeeeet. :D

    BalasHapus
  14. Karena acara ini Jogja lumayan macet ya.. Nggak nyangka banyak banget orang suka lari..jadi penasaran juga suatu saat ikutan..

    BalasHapus
  15. keren acaranya ya ini mas... seru bangettt

    BalasHapus
  16. Saya sempat kapok lari marathon, badan pada pegel :(

    BalasHapus
  17. Dulu pernah ikut lari saya. Sayangnya kalah :D

    BalasHapus
  18. Pasti seru kegiatan marathonnya, jadi ingat tahun lalu di dekat rumah diadakan marathon. Mau ikut tapi rasanya udah gak kuat ��

    BalasHapus

Dapur Unik dan Menarik Harapan Keluarga Bahagia

Iffan Suryanto,  Presiden Direktur PT. Electrolux  saat launching  Electrolux Taste and Care Center Dulu, semasa kuliah, senior saya...