Blog berisi liputan acara dan tulisan pribadi.

Sabtu, 18 Agustus 2018

Opening Ceremony Asian Games 2018 Sangat Luar Biasa

Pembukaan Asian Games 2018

Pembukaan Asian Games yang dihelat di Gelora Bung Karno memberikan kesan tersendiri bagi saya yang hanya melihat pertunjukan demi pertunjukan disajikan dengan penuh luar biasa. Sajian yang sangat menarik ini dipertontonkan mulai dari desain acara, artis, penari hingga sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang didampingi oleh Ibu Presiden.

Tentu saja, pembukaan Asian Games 2018 menjadi sorotan karena adanya panggung berukuran raksasa di tengah lapangan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Panggung yang memiliki berat 600 ton berukuran panjang 135 meter, lebar 30 meter, dan tinggi 26 meter, merupakan salah satu panggung terbesar dan tertinggi yang pernah ada dalam upacara pembukaan acara sejenis.

Sebagai informasi, panggung yang merupakan karya 350 anak bangsa ini menjadi panggung termegah upacara pembukaan Asian Games 2018 yang menampilkan konsep keindahan alam dan keragaman budaya asli Indonesia.

“Sangat penting untuk menampilkan keindahan alam dan keragaman budaya Indonesia pada acara pembukaan Asian Games 2018," kata Wishnutama yang merupakan Creative Director upacara pembukaan Asian Games 2018.

Nampak jelas kan, tadi kita saksikan bersama, ada sebuah replika gunung yang indah di panggung itu terdiri atas 12.775 tanaman dan bunga, dengan luas lebih dari 1.350 meter persegi.

Bukan hanya itu saja, kita saksikan bersama disana juga ada air terjun yang dialiri 140.000 liter air dan membentang seluas 3.000 meter persegi rumput hijau untuk mempercantik keindahannya.

Konsep ini diperkuat dengan teknologi proyektor dan pencahayaan yang akan membuat semuanya tampil indah saat dilihat. Ya, pantas saja, saya melihat di layar kaca begitu indahnya sajian yang dibuat oleh tim yang sangat luar biasa pastinya.

Oh ya, disana juga ada terowongan tersembunyi sepanjang kurang lebih 50 meter agar para pengisi acara nantinya dapat melakukan pergerakan di seluruh area panggung tanpa mengurangi estetika.

Panggung berbentuk gunung tersebut, yang mempermegah upacara pembukaan Asian Games ke-18 2018, dalam proses pengerjaannya membutuhkan waktu tidak kurang dari kisaran tiga bulan.

Sebagai infornasi, panggung tersebut terdiri dari 175 bagian yang dibuat secara manual oleh pengrajin dari Bandung dan Jakarta. Menarik, kan? Yuk kita tonton kemegahannya.  

Asian Games 2018 Telah Resmi Dibuka Presiden Jokowi

Acara yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Presiden RI Joko Widodo resmi membuka pesta olahraga terbesar di Asia, Asian Games 2018.

Menurut Jokowi, gelaran Asian Games 2018 menunjukkan rasa persaudaraan dan persatuan antar negara-negara di Asia. Jokowi juga menyampaikan seluruh negara yang berprestasi menurut memiliki tujuan sama mengejar prestasi.

"Kita bangga kedatangan tamu-tamu istimewa dari 45 negara. Dalam Asian Games 2018, kita bangsa-bangsa seasia ingin menunjukkan bahwa kita bersaudara, kita bersatu, kita ingin meraih prestasi," ujarnya dalam pembukaan Asian Games 2018.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Asian Games ke-18 saya nyatakan dibuka," kata Presiden Jokowi yang berdiri berdampingan dengan Wapres Jusuf Kalla.

Malam hari ini, Jokowi memberikan sambutan pembukaan setelah pidato Ketua Panitia Penyelenggara INASGOC Erick Thohir dan Presiden Komite Olimpiade Asia Sheikh Fahad Al-Sabah. 
Acara berlangsung meriah dan memukau. 

Kita berharap, Asian Games 2018 memberikan nilai yang berharga bagi bangsa Indonesia dan juga memberikan manfaat bagi masyarakat seluruhnya. Kita semua berdoa, dan berharap Indonesia mendapatkan apa yang diharapkan dan dicita-citakan pada momen akbar ini. 


1 komentar:

  1. sampean dapat tiket nonton opening asian games gratis kang? biar bisa dapet gimana caranya kang klo buat tiket penutupannya? bisikin atuh....hehe

    BalasHapus

Mau Makan? ke D'Cost Menteng Huis Cikini aja

Tak sengaja waktu itu, kala perut sudah mulai keroncongan, yang terbersit dalam benak dan pikiran adalah bagaimana mencari tempat makan d...