Blog berisi liputan acara dan tulisan pribadi.

Rabu, 12 Desember 2018

Wajah Baru Portal Berita www.indonesia.go.id


Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah berhasil meluncurkan kembali portal berita www.indonesia.go.id, di ruang serbaguna Roeslan Abdulgani, di Kantor Kemenkominfo, Jakarta, Senin (10/12/2018).

Portal berita www.indonesia.go.id yang diluncurkan pada siang ini merupakan "wajah baru" dari tampilan yang sebelumnya telah ada. 

Peluncuran portal berita www.indonesia.go.id hadir dengan data yang terbaru dan terlengkap, navigasi, serta pengkanalan yang juga telah disesuaikan dengan kebutuhan.

Kehadiran portal berita www.indonesia.go.id ini ditujukan sebagai media informasi yang memaparkan segala kekayaan Indonesia kepada masyarakat, baik domestik maupun mancanegara, secara akurat dan lengkap.

"Untuk itulah portal berita www.indonesia.go.id hadir sebagai halaman depan NKRI di dunia digital. Untuk memberikan gambaran secara utuh tentang Indonesia dan sebagai upaya nation branding," jelas Menkominfo Rudiantara lebih jauh.

Ia juga menambahkan, pesona yang dimiliki Indonesia akan sia-sia jika tidak disebarluaskan ke publik tanah air dan warga dunia. Berdasarkan pemikiran itulah, kata Menkominfo, maka diperlukan branding. "Agar mampu membangun kebanggaan, loyalitas, dan meningkatkan daya saing," ujar Rudiantara menyampaikan.

Menteri Rudiantara juga mengatakan bahwa membangun branding yang kuat di era media digital, termasuk untuk Indonesia, dibutuhkan strategi yang jelas dan terukur. Oleh karena itu, lanjut Rudiantara, informasi jangan hanya terfokus di dalam negeri. Perlu juga, kata dia, memperkuat nation branding Indonesia ke publik internasional.

"Sebagai upaya mengenalkan portal berita www.indonesia.go.id dan menguatkan nation branding di era digital, maka peluncuran dilaksanakan saat ini," pungkas Rudiantara.

Sementara itu juga, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Rosarita Niken Widiastuti menyampaikan, visi portal berita www.indonesia.go.id merupakan media informasi dan layanan pemerintah serta portal rujukan dunia tentang Indonesia yang akurat dan tepercaya untuk merepresentasikan keindonesiaan.

Niken juga menyampaikan, negara Indonesia memiliki amat banyak berbagai potensi keunggulan. Dengan gugusan pulau tersebar dari Sabang hingga Merauke, kekayaan Indonesia melimpah dan diakui dunia.

Beragam budaya, adat istiadat, bahasa tradisional, suku, agama, sumber daya alam, selama ini menjadi pesona keelokan Indonesia. "Potensi besar itu merupakan brand power yang seharusnya menjadikan Indonesia semakin besar dan unggul di kancah global," ujar Niken.

Dirjen IKP pun menyampaikan, lewat peluncuran dan kehadiran portal berita www.indonesia.go.id menjadi komitmen bersama pengembangan nation branding Indonesia di dunia digital.

Selain peluncuran portal berita, agenda kegiatan lainnya adalah penghargaan kompetisi video bertema "Ini Cerita Kami", peluncuran GPR TV, dan diskusi media bertajuk branding Indonesia.

Dalam kesempatan ini, disamping ada Bapak Rudiantara, hadir pula pada peluncuran portal berita www.indonesia.go.id Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko, Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Strategik Marketing Priyantono Rudito, Staf Ahli Menteri PPN/Bappenas Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan Amalia Adininggar Widyasanti, dan Guru Besar Manajemen UI Prof DR Rhenald Kasali. Ketiganya sekaligus menjadi pembicara pada sesi diskusi media yang dipandu oleh Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi SP. 

Nah, buat kamu yang ingin mengetahui informasi yang akurat dan berimbang, silahkan buka saja portal www.indonesia.go.id. Portal ini juga bisa diakses lewat gawai yang kamu punya, mudah dan simpel bisa dibuka dimana saja. 

Agar tidak ketinggalan informasi mengenai hal apa saja yang dilakukan oleh Pemerintah, silahkan buka langsung ya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ekonomi Digital Majukan Desa di Indonesia

Berbicara mengenai ekonomi digital, tidak terlepas dari peran pemerintah. Pemerintah telah sukses menghidupkan ekonomi digital tidak hanya ...