Blog berisi liputan acara dan tulisan pribadi.

Minggu, 02 Juni 2019

Pengalaman Kuliah Online (Blended Learning) selama setengah semester di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ)

Keinginan untuk menyelesaikan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi adalah menjadi dambaan setiap insan. Alhamdulillah, atas ijin Nya, saya kembali menempuh pendidikan Pascasarjana di Universitas Muhammadiyah Jakarta dengan jurusan Komunikasi Politik.

Awalnya, sempat ragu dan bimbang, karena pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman kuliah lewat kuliah online. Mengenai bagaimana dan caranya seperti apa metode kuliahnya, akan saya ulas sedikit dalam tulisan ini.

Teknologi informasi yang semakin pesat, menjadi salah satu buah dari manfaat adanya kuliah ini. Mengapa? Sebab, didalamnya bila saya pahami, kuliah ini tidak jauh berbeda dengan kuliah-kuliah pada umumnya. Setiap harinya, saya selalu mendapatkan tugas yang harus dikerjakan selama satu minggu, yang didalamnya juga terdapat dosen yang memberikan kuliahnya secara live lewat aplikasi sosial media.

Teman

Hal yang paling menggembirakan adalah, lewat kuliah ini tentu saja menambah wawasan juga menambah teman. Teman dari berbagai latar profesi, kiranya itu akan menjadikan diri kita terasah dengan pergaulan akademis. 

Sebab, dewasa ini, pertemanan dalam pendidikan memang diperlukan. Energi positif yang dibawa teman kuliah betul-betul membuat keinginan untuk menyelesaikan kuliahpun ada.

Ada banyak hal yang saya peroleh dari pertemanan ini, transfer knowledge lebih terasa didapatkan, lantaran apa yang disampaikan teman terkadang tidak menggurui, lebih kepada berbagi apa yang mereka pahami.

Unik memang, di usia saya yang ke 35 ini masih terus menggali pengetahuan apa yang tidak saya pahami dan perlu paham tentang perkembangan politik yang kontekstual.

Dosen

Beberapa pertemuan baik melalui online maupun langsung, dosen memberikan gambaran tentang studi yang saya ambil ini. Semua tergantung kemauan dan keinginan kita sendiri apakah mau menyelesaikan lebih cepat atau mau berlama-lama kuliah menjadi mahasiswa abadi, ini tentu saja menjadi sebuah pilihan.

Senangnya mempelajari komunikasi politik ini, dosen selalu menekankan dalam memberikan kuliahnya selalu update dengan perkembangan isu politik dewasa ini. Mengasah kembali dengan apa yang kita baca dan apa yang kita pahami memudahkan kita memahami tentang studi yang saya ambil.

Tempat Kuliah

Rutinitas kantor yang tidak bisa kita tinggalkan, salah satu diantaranya mengambil belajar online ini. Sebab, ini sangat memudahkan saya yang ingin menempuh ke jenjang yang lebih tinggi. Disamping itu, tempat kuliah yang tidak jauh dari tempat tinggal menjadikan saya memilih kampus Universitas Muhammdiyah Jakarta.

Bertemu dengan teman baru, dosen baru menjadi nilai tambah pada sesi kuliah yang saya lakoni ini. Banyak manfaat yang saya ambil di dalamnya, kerja yang padat membuat energi untuk kuliahpun perlu dengan niat maksimal, sebab, semua berjalan dengan kekuatan dan keseriusan dalam menjalani kuliah ini.

Alhasil, selama setengah semester berjalan, ternyata kuliahnya tidak kalah menariknya dengan kuliah reguler. Nah, buat kamu yang mau kuliah online bisa tanya langsung melalui komen disini yaa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

6 Rencana Liburan di Bandung Bersama Keluarga Lewat Traveloka Xperience

“Harta yang paling berharga adalah keluarga,  istana yang paling indah adalah keluarga” sepenggal lagu yang dipopulerkan dalam film keluar...