Blog berisi liputan acara dan tulisan pribadi.

Sabtu, 31 Agustus 2019

Mobil Sering Mogok? Ikuti 5 Cara Ini Untuk Mengatasinya!


Sumber : otolifestyle.wordpress.com
Salah satu tenaga yang dapat menyalakan mesin kendaraan adalah aki, baik kendaraan roda dua maupun 4. Jika aki atau accu mobil kamu baik-baik saja, pasti kinerja dan performa kendaraan akan menjadi lebih maksimal. Berbeda lagi jika aki pada mobil kamu tidak dirawat apalagi dilakukan pengecekan, pasti aki akan soak hingga mengakibatkan mobil menjadi sering mogok. Maka dari itu jika kamu tidak ingin mobil mogok di jalan maka kamu harus rutin merawat dan mengecek aki mobil. Caranya gimana? Yuk, langsung simak saja caranya merawat mobil agar tidak mogok lagi!


1. Selalu periksa kondisi aki mobil
Sumber : bacabrosur.blogspot.com



Agar tidak soak dan mogok lagi kamu perlu mengecek kondisi aki mobil ya! Caranya kamu perlu menyiapkan peralatan untuk mengetes aki battery load tester. Alat ini berfungsi sebagai pengecek daya listrik pada aki tersebut. Jika kamu memakai tipe aki basah, pastikan secara rutin cek cairan elektrolitnya. Selain itu jika cairannya sudah melewati batas normal segera isi cairannya.


2. Panaskan mesin mobil


Sumber : otomotif.kompas.com

Jika mobil kamu tidak terpakai, jangan langsung di diamkan saja, paling tidak panas kan mesinnya setiap hari selama kurang lebih 15 menit. Hal ini berfungsi sebagai menge-charge daya accu mobil. Sebab saat dalam keadaan mobil mati daya pada aki nya akan berkurang. Apalagi kalau mobil kamu nggak bisa di starter karena kemampuan self charge ketika mesin hidup dapat berkurang juga.

3. Selalu periksa terminal aki mobil


Sumber : otospector.co.id


Memeriksa terminal aki mobil juga perlu kamu lakukan. Hal ini bertujuan untuk menghindari terminal aki terjadi karatan. Jika karatan lingkaran pada besi penyalur listrik ke mesin mobil akan menjadi terhambat. Jika kamu menemukan karat pada terminal aki segera bersihkan dengan larutan baking soda. Atau kamu juga bisa merendamnya dengan air panas sehingga kinerja aki menjadi lebih prima dan maksimal.

4. Cek tombol tape dan AC pada mobil dan pastikan tidak menyala saat menstarter mesin


Sumber : viva.co.id

Meski sepele tapi hal ini juga sangat penting lho! Ketika ingin menstarter mesin mobil, pastikan cek terlebih dahulu semua tombol pada mobil dalam keadaan off termasuk AC dan tape juga. Jika semua tombol menyala, maka tarikan daya aki akan semakin besar dan berakibat soak.

5. Selalu periksa catatan perawatan aki mobil
Sumber : inainongina.com

Untuk merawat aki mobil biasanya akan diberikan kartu garansi setiap penggantian aki nya. Pada kartu tersebut terdapat jadwal untuk mengganti aki mobil yang baru, jadi kamu tidak perlu lagi repot-repot membuat catatan manual. Supaya tidak lupa, kamu harus selalu menggantung kartu ini di dekat setir mobil untuk mengingatnya kapan aki mobil harus ganti dengan yang baru. Dan perlu kamu ingat, meski rentang penggantian aki mobil tertulis cukup lama yakni selama 2 hingga 3 tahun.

Jadi, mulai sekarang kamu jangan sekali-kali mengabaikan keadaan aki pada mobil maupun kendaraan lainnya ya! Selalu memeriksanya untuk menghindari mobil mogok maupun aki soak. Di Indonesia sendiri juga terdapat banyak merek accu yang bagus kok seperti aki GS Astra, aki GForce, aki Yuasa, aki Delkor dan masih banyak lagi lainnya. Menjadi pengendara bijak tak hanya mematuhi peraturan lalu lintas saja lho, kamu juga harus memperhatikan kondisi kendaraan supaya tidak terjadi hal yang tak diinginkan saat melaju di jalanan!


2 komentar:

  1. Periska terminal aki ini yang kadang sering kelewatan.
    sampai berkaratan betul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, terkadang ini yang sering dilupakan.

      Hapus

Ekonomi Digital Majukan Desa di Indonesia

Berbicara mengenai ekonomi digital, tidak terlepas dari peran pemerintah. Pemerintah telah sukses menghidupkan ekonomi digital tidak hanya ...