Blog berisi liputan acara dan tulisan pribadi.

Kamis, 26 September 2019

Lewat Lomba Baca Al-Qur’an Sinar Mas Land Tanamkan Cinta Al-Qur’an

Add caption

Yayasan Muslim Sinar Mas Land, bersama Forum Masjid Mushola BSD City dan Yayasan Mama Papa menggelar lomba baca Al-Quran pada Minggu (22/9) lalu.

Nah, mengenai lomba ini, acara dilaksanakan di Masjid Islam Cikal Harapan BSD City dan dihadiri oleh Wakil Walikota Tangerang Selatan - Benyamin Davnie. Kegiatan tersebut menjadi puncak acara program Berantas Buta Al-Quran (BBQ) 2019, yang telah dilangsungkan sejak bulan April hingga September 2019. Para peserta lomba merupakan anak-anak yang telah dapat membaca Al-Quran dengan metode Mama Papa.

Kompetisi membaca Al-Qur’an tersebut diikuti lebih dari 500 anak anak berusia 4-12 tahun, yang terdaftar dalam program BBQ dari 77 masjid di sekitar BSD City. 

Perlombaan ini dibagi ke dalam tiga kategori, terdiri dari kategori A untuk anak usia 4-6 tahun, kategori B untuk anak usia 7-9 tahun, kategori C untuk anak usia 10-12 tahun dengan total hadiah sebesar Rp 50 Juta. 

Lomba baca Al-Quran ini juga diisi dengan tausiyah dari Ustad Solmed yang bertemakan “Mari Memahami Al-Qur’an untuk Anak-Anak”. 

Program ini bertujuan untuk memberantas buta baca Al-Qur’an serta mengimplementasikan program SATU BSD (Silaturahmi Antar Umat melalui program Berdikari Sehat Damai) di sekitar kawasan BSD City.

Kami berharap program Berantas Buta Al Quran bisa berkontribusi mendidik dan menanaman nilai Al-Quran sejak dini kepada anak anak." kata Dhony Rahajoe, Managing Director President Office Sinar Mas Land sekaligus Ketua Dewan Pembina Yayasan Muslim Sinar Mas Land. 

Ia juga mengharapkan melalui program BBQ dan lomba membaca Al-Quran ini akan membuat anak gemar membaca Al-Quran dan dapat memahami isinya serta mengimplementasikannya menjadi seorang muslim yang membawa rahamat bagi seluruh alam dalam kehidupan sehari-hari.

Dewan juri menilai sejumlah aspek dalam perlombaan tersebut, diantaranya membaca Al-Quran sesuai dengan ilmu Al-Quran atau tajwid dan membaca Al-Quran dengan menggunakan metode Mama Papa serta adab peserta pada saat mengikuti lomba.

Program Berantas Buta Al-Quran (BBQ) di BSD City

Sejak bulan April hingga Mei 2019 Program Berantas Buta Al-Qur’an telah menyelenggarakan kegiatan Training of Trainer (ToT) di Masjid Cikal BSD City. 

Kegiatan tersebut diikuti oleh 350 ratusan ustad dan guru mengaji dari 77 masjid di sekitar kawasan BSD City. 

“Metode pengajaran dengan sistem Mama Papa ini sangat mudah dipahami. Saya memberikan training selama 3 jam kepada para ustad atau guru mengaji perwakilan masjid. Selanjutnya ustad atau guru mengaji tersebut akan memberikan pengajaran membaca Al-Quran dengan sistem Mama Papa di setiap masjidnya. Para peserta ToT ini  juga akan mendapatkan alat peraga dan buku yang sudah disiapkan” ujar Ustad H. Muhammad Taslim selaku pencipta metode Mama Papa.

Program SATU BSD

Sinar Mas Land pada tahun 2017 lalu meluncurkan program di bidang Community Development bernama SATU BSD (Silaturahmi AnTar Umat Berdikari, Sehat, Damai). 

Program ini bertujuan untuk meningkatkan rasa memiliki antar warga serta menggali potensi terkait kehadiran Kawasan BSD City. SATU BSD memiliki tiga pilar utama yaitu Berdikari, Sehat dan Damai, yang diwujudkan dalam berbagai bentuk kegiatan pengembangan masyarakat melalui program SATU BSD: Unity in Diversity.

Pilar pertama dari SATU BSD adalah Berdikari yang mendukung pengembangan masyarakat di bidang ekonomi. Pilar ini memiliki beberapa program unggulan seperti Pasar Rakyat School, Pendidikan & Pelatihan Beasiswa Coding. 

Pasar Rakyat School merupakan program pelatihan (workshop) bagi pedagang UMKM di Pasar Modern BSD City dan Pasar Modern Intermoda. 

Selanjutya, kegiatan Pelatihan Beasiswa Coding yang bekerja sama dengan Technopolitan dan Forum Masjid Mushola BSD (FMMB) memberikan beasiswa coding kepada masyarakat di sekitar kawasan BSD City. 

Program beasiswa ini sudah dilakukan sebanyak lima kali dengan penerima beasiswa sejumlah 70 orang. Beberapa penerima beasiswa telah disalurkan untuk bekerja di Telkom Sigma.

Pilar kedua adalah Sehat, yang mengedepankan kesehatan warga BSD City dan sekitarnya. Program unggulan dari pilar ini adalah Sinar Mas Land (SML) Mencari Juara dan Bakti Sosial Lintas Organisasi. 

Progam SML Mencari Juara bekerja sama dengan Candra Wijaya International Badminton Centre, menyelenggarakan kompetisi bulu tangkis yang menargetkan anak-anak Sekolah Dasar (SD) di sekitar Kawasan BSD City. 

Program ini diharapkan mampu melahirkan atlet-atlet unggul dari Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. 

Bukan hanya itu saja, dalam pilar ini juga menghadirkan program Bakti Sosial (Baksos) Lintas Organisasi yang melibatkan Eka Tjipta Foundation, Yayasan Buddha Tzu Chi, Eka Hospital, Yayasan Muslim Sinar Mas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang. 

Baksos ini meliputi pemerikasaan kesehatan umum dan gigi gratis, bagi seluruh warga yang tinggal di sekitar Kawasan BSD City.

Pilar yang tidak kalah penting adalah Damai. Pilar ini juga menaungi acara Nonton Bareng (NoBar) yang menampilkan film animasi unggulan karya anak bangsa. 

Dalam setiap penayangan film, Sinar Mas Land mempertemukan ratusan anak dari beberapa sekolah untuk dapat saling bertemu dan berbagi kebahagiaan bersama. 

1 komentar:

  1. Tak kenal maka tak sayang ya ini. Senang dengan terobosannya buat acara gini jadi semacam learning by doing ya kak. Senang juga baca blog ini hurupnya mendukung mata hahahaaha

    BalasHapus

6 Rencana Liburan di Bandung Bersama Keluarga Lewat Traveloka Xperience

“Harta yang paling berharga adalah keluarga,  istana yang paling indah adalah keluarga” sepenggal lagu yang dipopulerkan dalam film keluar...