Blog berisi liputan acara dan tulisan pribadi.

Sabtu, 18 Januari 2020

Kereta Lokal Bandung ada di Pintu Selatan

Gaes.. ini pengalaman menarik, sangat sering kalau naik ojek online diturunkannya selalu di pintu Utara. Padahal saya mau ke kereta lokal yang ada patung kereta api. 

Patung Kereta berada di Pintu Selatan


Kesel juga sih,.. tapi, mau gimana lagi ya. Mau pesen lagi, sayang juga naik ojek online. Alhasil saya mencoba masuk di pintu Utara, dan benar saja gaes.. petugas melarang untuk naik kereta lokal melalui jalur pintu Utara.. hmmm jadi tau kan.. kalo pintu Utara hanya khusus penumpang jarak jauh.

Jangan sampai kamu salah naik ya gaes, ternyata di pintu Utara hanya boleh masuk bagi penumpang kereta jarak jauh. Ini musti kamu ingat betul, karena saya selalu diturunkan di pintu utara, jangan sampai kamu merasakan juga yaa.. jauhhhh lohhh.

Gerbong Kereta Api

Pintu selatan merupakan akses untuk jalur kereta lokal, seperti halnya Cibatu, Cimahi, Cikudapateuh, Kiaracondong, Cicalengka atau juga  Rancaekek. Pintu selatan ini, jalur untuk kendaraannya kurang begitu ramah untuk dilewati. Jadi, melewatinya kudu sabar yaa.

Sementara pintu Utara adalah akses yang khusus dilalui kereta jarak jauh, misalnya saja Jakarta, Surabaya, Jogjakarta dan lain sebagainya.

Kereta Api KRD Ekonomi yang kosong.

Kereta Lokal atau biasa dikenal di masyarakat Jawa Barat yakni KRD Ekonomi. Kalau di Jakarta, biasa dikenal dengan KRL. Sebagai informasi pada jam-jam pagi hingga sore, kereta lokal selalu dipadati penumpang. Namun, berbeda pada malam hari ini yang saya rasakan begitu lengang, padahal ini malam Minggu.

Kereta Api Lokal KRD ekonomi


Mungkin, masyarakat Jawa barat sudah pada tidur yaa. Heee, ya iyalah soalnya jam 22.10 kereta lasteu atau kereta terakhir.

Kereta lokal juga bisa kamu akses di KAI Acces, tidak jauh berbeda dengan akses kereta jarak jauh. Gak perlu cetak lagi, cukup tunjukkan barcode yang ada di handphone.

Caranya, cukup kamu download di handphone, kemudian isi biodata yang lengkap, sehingga ketika memerlukan untuk memesan tiket kereta api, maka akan muncul dengan sendirinya.

Harga tiket kereta lokal yang saya naiki, karena keretanya berasal dari Cibatu terus juga juga harganya Rp7000, berbeda dengan hari-hari biasanya cukup merogoh kocek Rp5000.

Buat kamu yang berasal dari luar Bandung, bisa kamu tanyakan ke resepsionis atau keamanan. Pasti tau semua lohh jalur kereta lokal ini. Nah, untuk lebih detail, bisa juga kamu buka KAI Acces, biar kamu tidak bingung lagi.

Awalnya tahun 2008 lalu saat mengenal mantan pacar yang sekarang jadi istri tercinta. Kereta lokal ini menjadi saksi dimana dulu begitu semrawut di dalam kereta lokal, tetapi saat ini kereta lokal begitu rapih dan nyaman untuk dinaiki.

Dulu, pedagang asongan berkeliaran, pengamen lalu lalang dan kini kereta lokal pun sudah memiliki prosedur agar penumpang nyaman dan betah berlama-lama atau juga senang dengan Kereta Api.

Informasi dari beberapa masyarakat sekitar, setelah kepempimpinan pak Jonan, Kereta Api lokal juga mendapat perhatian khusus. Jadi.. kamu ga perlu bingung ya gaes saat naik kereta lokal ini.

Biar kamu juga gak khawatir nyasar di perjalanan, selalu aktifkan google map, sehingga tau kereta ini turun dimana. Bakal ketauan tanpa harus menanyakan ke penumpang lainnya. Hmm makin mudah kan..

Kereta Api ekonomi lokal Bandung Raya melayani penumpang Cicalengka Padalarang PP melalui Bandung. Nah, perlu kamu ketahui juga bahwa kereta api lokal terbaru yang ada di Daop 2 yaitu KA Lokal Cicalengka Purwakarta, Bandung, Cibatu, KA Galunggung, KA Lokal Padalarang Cibatu. KRD Bandung Raya Ekonomi dikenal juga sebagai KRD Padalarang Cicalengka, KRD Cicalengka Bandung, KRD Bandung Padalarang, KRD Rancaekek kelas ekonomi.

Untuk Jadwal kereta api lokal Bandung Tahun 2020 ini, KAI Acces juga sudah sangat komplit mengenai jam keberangkatan. Adapun untuk harga tiket KRD ekonomi lokal Bandung Raya sebesar Rp 5000, untuk pemesanan bisa langsung melalui KAI Acces dan menggunakan LinkAja. Tiket dapat dipesan dengan mudah, asalkan saldo LinkAja tercukupi. 

12 komentar:

  1. Naaah bener pada betah dan senang naik krd sekarang mah. Dulu mah naiknya bareng embe 😆

    BalasHapus
  2. Jadi kalau seandainya diturunkan di pintu utara, gimana caranya menuju ke pintu selatannya Mas? Tak baca sampai bawah belum nemu jawabannya haha

    Harus muter lagi gitu jalan kaki sambil bawa gembolan yas? Lha Pak Ojeknya sudah kadung pergi gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, tinggal jalan aja mba. cuma jauh, paling enak naik ojek online.

      Hapus
  3. Jadi ingat waktu kami sekeluarga ke Bandung, mau janjian sama temen, dia nanya turun di pintu mana? Duh ternyata ada dua pintu yg arahnya sangat berjauhan ya, haha.. akhirnya kami bilang yang ada monumen keretanya. Dan kami menunggu dia 10 menit kemudian karena salah pintu

    BalasHapus
  4. Wah info yang bagus nih kebetulan aku tanggal 15 Feburary mau ke Bandung nih .. thanks ya Mba.

    BalasHapus
  5. Wah baru tau aku, kalau jalurnya di sisi selatan. Pan kapan cobain ah

    BalasHapus
  6. Aku belum pernah naik kereta dari dan ke Bandung nih mas, wah makasih ya infonya.. nanti kalo pas jalan2 ke bandung mesti di inget2 nih.
    Btw buat pencinta korea ada tempat nongkrong kpop di jakarta yg baru buka loh.

    BalasHapus
  7. Terima kasihh untuk informasinya, mbak. Sekarang kereta api menjadi salah satu transportasi yang mulai digemari untuk ke luar kota ya, mbak. Karena sekarang pelayanannya lebih baik dan lebih nyaman juga untuk penumpang :)

    BalasHapus
  8. wwkwkkw aku udah 5 tahun di Bandung aja masih sering keder antara stasiun Utara dan Selatan ini. Jadi dulu emang aku langganan banget sama kereta lokal (KRD) ini karena menuju Bandung Barat, turun stasiun Gado Bangkong hehe

    BalasHapus
  9. Wow samaan dong dengan KRL di Jakarta zaman dulu, semua serba ada. Nggak heran lah kalau di dalam kereta ada yang jualan kacang sama tahu. Ada yang jualan, senter, pulpen ajaib yang tintanya wangi, kipas angin dan banyak lagi yang di luar nalar. Wkwkwkwk. Tapi sekarang mah udah asyik ya, Mas. Semoga kenyamanannya tetap bertahan, kalau bisa ditingkatkan lagi. Thanks infonya.

    BalasHapus
  10. Setelah menetap di Lamongan, saya lumayan sering naik KRD dan kereta lokal komuter ke Surabaya. Jauh lebih nyaman dan murah meriah, 5.000 saja. Kangen ke Bandung jadinya. Kopi dan toko buku hehehe

    BalasHapus

Kembali Viral! Pedangdut Liebie rilis lagu "Ada 2 Cinta"

Kreativitas Liebie ditengah pandemi tak menyurutkan semangatnya dalam bermain musik. Pedangdut pendatang baru ini terus menunjukkan jati dir...