Blog berisi liputan acara dan tulisan pribadi.

Rabu, 23 Juni 2021

Puncak Kilau Digital Permata Flobamora, Angkat UMKM Lokal Lewat Digital



Menjadi saksi dari ribuan yang memandang perhelatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi kebahagiaan sendiri. Pasalnya, acara yang mengusung tema Kilau Digital Permata Flobamora (Flores, Sumba, Timor, dan Alor) sukses digelar.  Kegiatan tersebut berlangsung Jumat, 18 Juni 2021, pukul 08.00 WITA di Puncak Waringin, Labuan Bajo, NTT.

Acara Kilau Digital Permata Flobamora yang ditunggu-tunggu masyarakat ini digelar secara daring dan (offline)melalui aplikasi Zoom dan akun YouTube Ditjen IKP Kominfo, serta disiarkan juga secara live di TVRI, Metro TV, iNews TV, dan radio RRI.

Hadir dalam acara Kilau Digital Permata Flobamora baik secara offline maupun online diantaranya Presiden Joko Widodo, Luhut Binsar Pandjaitan (Menkomarves), Johnny G. Plate (Menkominfo), Perry Warjiyo (Gubernur BI), Tito Karnavian (Mendagri), Basuki Hadimuljono (MenPUPR), Sandiaga Uno (Menparekraf), Erick Thohir (MenBUMN), Teten Masduki (MenkopUKM), Abdul Halim Iskandar (Mendes PDTT), Viktor Laiskodat (Gubernur NTT), Ririek Adriansyah (Dirut Telkom), dan Edistasius Endi (Bupati Manggarai Barat).

Tidak hanya launching ceremonial, acara pun diisi dengan kegiatan Virtual Expo yang akan menampilkan secara virtual produk-produk UMKM yang telah dikurasi oleh mitra Top Brand seperti Telkom, Bank Indonesia, serta marketplace. Virtual Expo tersebut juga membuka kesempatan untuk seluruh masyarakat di Indonesia untuk membeli produk-produk dari para pelaku UMKM di NTT.

Dalam kesempatan tersebut para VVIP juga akan berbincang mengenai kemajuan UMKM di Indonesia, khususnya di NTT. Ada juga sesi talkshow bersama marketplace yang akan menghadirkan narasumber Ketua Umum idEA, CEO Ladara, dan CEO Grab yang membahas peluang bisnis.

Keindahan tenun khas Flobamora NTT juga akan ditampilkan dalam acara fashion show yang akan dipimpin oleh Julie Laiskodat (Ketua Dekranasda Provinsi NTT). Selain itu akan ada hiburan musik dan juga Bazaar Expo produk-produk khas NTT dari UMKM.

Para peserta terdiri atas pejabat pemerintahan, pelaku industri (perbankan, eksportir/importir, dan e-commerce), asosiasi, serta sekitar 100 pelaku UMKM. Pejabat yang dijadwalkan akan memberikan kata sambutan antara lain Gubernur NTT Viktor Laiskodat sebagai tuan rumah, Menko Marinves Luhut B Pandjaitan, dan  Menkominfo Johnny G Plate. Sejumlah menteri dan pejabat juga akan dihadirkan sebagai pembicara, antara lain Manteri Koperasi dan UMKM, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Desa, Menteri BUMN, Gubernur Bank Indonesia, Direktur Utama PT Telkom Indonesia Tbk, dan Bupati Manggarai Barat. 

Pada kesempatan tersebut, pemerintah dan sejumlah pihak meluncurkan Virtual Expo Flobamora, Aplikasi JP Hub Pariwisata, Desa Adat dari Bank Indonesia, Aplikasi Tur Virtual Desa Wisata Go Digital, aplikasi pemanfaatan toko online Bumdes dan UMKM Lokal NTT, melakukan experimen virtual expo dengan bertransaksi langsung, bazar offline dan online, serta fashion show.

Jadi, buat kamu yang mau membeli produk UMKM yang ada di NTT, bisa langsung download aplikasinya yaa.

Tentang Gernas BBI

Gernas BBI pertama kali diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020 sebagai upaya untuk menyelamatkan UMKM agar berhasil bangkit dan mampu melalui masa sulit pandemi Covid-19. 

Gerakan ini bertujuan untuk mendorong national branding produk lokal unggulan, dan menciptakan industri baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Gerakan yang merupakan bagian dari program percepatan transformasi digital dan industri kreatif nasional ini juga mendorong para pelaku UMKM untuk masuk ke ekosistem digital.

Melalui Gernas BBI Kilau Digital Permata Flobamora, Kominfo mendukung digitalisasi UMKM di Provinsi NTT. Di tahun 2021, Kominfo melalui BAKTI akan membangun sekitar 422 BTS 4G di wilayah NTT yang tersebar di 16 kabupaten, di antaranya yaitu Ende, Manggarai, Sumba Barat, Rote Ndao, Sumba Tengah, dan Manggarai Timur.

Buat kamu yang kemarin tidak sempat mengikuti acara ini, bisa langsung pantengin akun YouTube Ditjen IKP Kominfo yaa.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck: Cinta Menghidupkan Semangat

Jangan kecewakan orang yang berlindung di hatimu. Bukti keseriusan Zainudin memang tidaklah dibuat-buat. Hatinya yang tulus tidak serta mert...