Blog berisi liputan acara dan tulisan pribadi.

Rabu, 22 Juni 2022

Noda Menempel di Pakaian, Cukup Bersihkan dengan Molto Korean Strawberry

Molto Korean Strawberry


Ini adalah sepenggal kisah mengenai asap rokok yang menempel di Pakaian yang membahayakan bagi kita semua. Untuk itulah Molto Korean Strawberry hadir. 

Molto Korean Strawberry selain memberikan wangi pada pakaian yang terkena noda asap rokok, juga memberikan kelembutan baju yang kita pakai. 

Itulah mengapa, Molto Korean Strawberry bagus dan cocok untuk kebersihan pakaian kita di rumah maupun di luar rumah. 

Seperti kisah keluarga, seorang suami yang doyang merokok, yang ketahun saat istrinya mengecek baju dengan bekas rokok. 

“Miy… Itu baju-baju Roha bau rokok deh… coba kamu cek, dia masih merokok apa gimana itu.”


Memang sih, bagi sebagian orang, asap rokok tidak menjadi masalah besar. Padahal kita tahu akan bahaya asap rokok itu sendiri. Itulah pesan suami kepada istrinya yang terbilang menjaga dari noda rokok. 

Keluarga yang didominasi dengan asap rokok, tentu saja khawatir untuk di kemudian harinya akan digerogoti oleh asap rokok itu sendiri. 

Bahkan suatu ketika, dalam kisah tersebut menceritakan untuk mencium bau rokok. Baik nafas atau asap yang menempel pada baju tersebut.


“Coba aja deh Umiy cek nafasku, bau rokok gak? Kalau aku merokok kan pasti mulut dan nafasku juga bau rokok dong Miy.. ini kan cuma bajuku aja. Ruangannya gak terlalu gede, kan Umiy sudah pernah datang ke kantor ku, cuma ruko gitu kan. Kalau udah ngumpul pada ngerokok memang parah banget Miy baunya… Aku udah coba cara ini-itu waktu nyuci supaya baunya hilang total. Tapi kadang masih suka nyisa juga.”

Untuk mengetahui beragam tips menghilangkan aroma asap rokok pada pakaian. Juga beberapa tentang bahaya asap rokok yang menempel di pakaian. 

Dampaknya terhadap kesehatan

1. Risiko penyakit kanker

Seperti paparan zat karsinogen pada umumnya, perokok pihak ketiga juga berisiko terkena kanker apabila berada di lingkungan yang terdapat zat sisa asap rokok dalam waktu yang lama.

Penelitian oleh ahli biokimia bernama Hang pada tahun 2013 menunjukkan dampak paparan third hand smokers yang  tertinggal  di  lingkungan  dapat  menyebabkan  terjadinya  kerusakan  sel  hingga  DNA.

Rusaknya rantai DNA dalam sel akibat paparan zat dari sisa asap rokok  dapat menyebabkan sel bermutasi menjadi sel kanker.

2. Kerusakan organ dalam tubuh

Tidak hanya kerusakan sel yang berakibat terhadap tumbuhnya sel kanker, sisa zat rokok juga berpotensi menyebabkan kerusakan pada sistem kardiovaskuler dan organ liver.

Penelitian oleh Martins-Green pada tahun 2014 menunjukkan bahwa dampak paparan third hand smoker di antaranya:

Terjadi  peningkatan  sel  lemak  tubuh  dan  kerusakan  pada liver  akibat peningkatan kadar lemak

Paparan zat sisa rokok memicu inflamasi paru yang dapat berakibat pada penyakit paru obstruksi kronis (PPOK) dan asma, serta menghambat penyembuhan luka pada permukaan kulit

3. Risiko diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 merupakan kondisi apabila terjadi resistensi insulin sehingga menghambat penggunaan glukosa dalam tubuh. Hal ini salah satunya dipengaruhi oleh tekanan oksidatif.

Menurut Martins-Green, berdasarkan hasil penelitiannya, paparan zat dari sisa asap rokok dapat menyebabkan peningkatan tekanan oksidatif sehingga dapat memicu dan memperburuk resistensi insulin dan menyebabkan diabetes tipe 2.

Beragam tips menghilangkan asap rokok dari pakaian pun dicoba. Roha merasa cukup sreg menggunakan garam dapur untuk mencuci pakaiannya. 

Roha membaca salah satu referensi bahwa salah satu kunci mencuci bersih pada layanan binatu adalah dengan mencampurkan garam dan baking soda ke dalam air cucian baju. 

Dengan menambahkan garam, Roha memang merasa pakaiannya menjadi lebih bersih. Hal ini membuatnya mengurangi penggunaan deterjen sebab menurutnya, “Kalau banyak deterjen tuh busanya juga banyak banget… susah menghilangkan busanya dengan total. Boros air jadinya. Aku lebih suka busa gak terlalu banyak. Kalau gak pakai garam rasanya kurnag bersih jika deterjennya cuma sedikit.”


Namun kemudian masalah baru pun muncul, pengurangan deterjen terkadang membuat pakaian menjadi kurang harum, sehingga terkadang aroma asap rokok masih tertangkap penciuman. Setelah mencoba beberapa cara, akhirnya masalah asap rokok menempel di pakaian kerja ini teratasi dengan berkat pelembut pakaian sekaligus pewangi pakaian terbaik: Molto Korean Strawberry.


Unliver mengeluarkan produk Molto Korean Strawberry yang memberikan kelembutan dan kesegaran tahan lama pada pakaianmu. Molto kini dengan perlindungan ultra care teknologi. 

Teknologi perawatan terbaik dengan manfaat ganda berupa keharuman yang tahan lama dan perlindungan terhadap warna pudar, serta kerusakan serat kain dan bentuk pakaian bahkan setelah berkali-kali dicuci.

Selain Molto Korean Strawberry, Unilever juga mengeluarkan produk baru lainnya seperti Rinso, Sunlight dan Super Pell.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kunjungan di RS Premier Bintaro, Mulai dari Mengenal Rumah Sakit Hingga Saran Dokter Soal Syaraf Kejepit

RS Premier Bintaro Gelar Diskusi Soal Syaraf Kejepit Minggu (3/8) kemarin, saya berkesempatan menghadiri acara yang digelar oleh RS Premier ...