Blog berisi liputan acara dan tulisan pribadi.

Kamis, 07 Juli 2022

Inilah Keunggulan SMA Pintar Lazuardi Wujudkan Pendidikan Masa Depan

SMA Pintar Lazuardi

Dewasa ini, pendidikan menjadi sangat penting bagi orang tua yang memiliki putra-putri di rumah. Bisa juga mendaftarkan diri di SMA Pintar Lazuardi. 

Lembaga Pendidikan SMA Pintar Lazuardi menjadi salah satu alternatif untuk menyekolahkan ananda tersayang.

Pendidikan di sekolah adalah jembatan perubahan bagi siswa yang akan mendapatkan pengetahuan, keterampilan juga akan membentuk pola pikirnya kelak di masa depan.  SMA Pintar Lazuardi solusi untuk sekolah anak-anak anda. 

SMA Pintar Lazuardi – Smart Learning High School hadir sebagai respons untuk mempersiapkan tren pendidikan pada masa yang akan datang dan meningkatnya kebutuhan sekolah yang mampu melaksanakan pembelajaran online yang efektif juga efisien sebagai dampak dari revolusi pendidikan. 

SMA Pintar Lazuardi memiliki nilai-nilai inti, di antaranya mengikuti perkembangan berbagai usia global (global awareness); berorientasi masa depan berupaya membuat keputusan dan rancangan masa depan yang lebih baik; welas asih yaitu menerima dan menghargai kondisi setiap individu sebagai bagian dari  kebersamaan: serta memiliki integritas yaitu melaksanakan amanah pekerjaan dengan sempurna sesuai dengan peraturan nilai-nilai organisasi.



Dr. Haidar Bagir, Pembina SMA Pintar Lazuardi menjelaskan bahwa zaman sudah berubah sehingga sekolah dituntut untuk menyiapkan siswa agar sukses, hidup bahagia serta memiliki  kesehatan mental yang baik. 


“Sekarang ini, tekanan terhadap mental anak sekian kali lipat dibandingkan generasi sebelumnya. Tantangan mereka lebih besar untuk berkompetisi dalam dunia kerja, lingkungan sosial, kehidupan berkeluarga dan lainnya. Sehingga, sekolah yang baik itu tak hanya membesarkan anak untuk sukses saja di dunia kerja atau bisnis atau kehidupan sosial. Tapi, sekolah yang baik harus bisa memberikan bekal agar anak sejahtera secara psikologis dan spiritual,” paparnya.


Menurut Dr. Haidar, sekolah yang baik memiliki falsafah dan metode yang diterapkan dengan benar sehingga membekali anak didik dengan keterampilan untuk sukses sekaligus bahagia.Yang diperlukan seseorang untuk bahagia dan sukses di antaranya kreativitas, karakter yang baik, self confidence, self esteem dan spiritualitas. 


”Kami berusaha memastikan bahwa siswa punya semua itu, belajar penuh fun sehingga senang, diberi ruang untuk mengekspresikan diri, kalau bersalah  tak dikecam tapi dibesarkan hatinya. Mereka merasa dicintai, welas asih dengan teman-teman,” paparnya.


SMA PINTAR Lazuardi menggunakan sistem blended learning dan bantuan LMS (Learning Management System) atau aplikasi belajar yang diberi nama Pintar. Jadi menggabungkan kegiatan tatap muka dengan pembelajaran online. 


Sementara itu, kegiatan tatap muka akan dilaksanakan di home base school. Pintar adalah akronim dari Pedagogical Intelligence Architecture. LMS Pintar adalah aplikasi belajar yang didesain khusus oleh tim Lazuardi untuk mendampingi proses pembelajaran online agar tetap sesuai dengan unsur-unsur pedagogis yang benar.


Blended learning adalah sebuah metode belajar yang menggabungkan sistem belajar luring dan daring. Pada saat pembelajaran daring didukung dengan LMS Pintar yang didesain khusus agar tetap dapat mempertahankan prinsip-prinsip pedagogis yang benar. Pada saat luring diadakan tatap muka di sekolah home base (perwakilan SPL di berbagai daerah). 


Melalui LMS Pintar, orang tua dapat melihat secara langsung data analitik tentang perkembangan pencapaian pembelajaran yang sedang berlangsung (setiap saat), tugas-tugas yang sudah atau belum diselesaikan, serta mata pelajaran yang sedang dipelajari, sudah selesai, atau belum dimulai.


Selain itu, Melalui LMS Pintar siswa dapat melihat secara langsung data analitik tentang perkembangan pencapaian pembelajaran yang sedang berlangsung (setiap saat), tugas-tugas yang sudah atau belum diselesaikan, mata pelajaran yang sedang dipelajari, sudah selesai, atau belum dimulai, keegiatan diskusi yang harus diikuti, hasil kerja/portofolio, jadwal conference/zoom, berkomunikasi melalui chat, level atau badge yang telah diperoleh, lamanya waktu belajar di LMS serta pengumuman-pengumuman penting dari guru mata pelajaran.


Inilah keunggulan sekolah di SMA Pintar Lazuardi di antaranya waktu belajar fleksibel dapat diatur mandiri oleh siswa, sehingga memberi ruang lebih luas bagi siswa yang ingin mendalami bakat/minat/ profesi yang ingin ditekuni sejak dini. 


Kemudian, sistem personalized learning management system, dimana setiap potensi akademik anak akan berkembang independen, sehingga kecepatan menyelesaikan setiap mata pelajaran tidak tergantung temannya. Memudahkan bagi para siswa di luar daerah untuk bergabung di SPL merasakan metode pembelajaran yang dikembangkan Lazuardi meskipun tidak berasrama (sekolah jarak jauh).

Selain itu, dapat menjadi program pelengkap/tambahan dari sekolah resmi lainnya, sehingga dapat bersekolah di dua tempat yang berbeda dalam waktu bersamaan. 

Profil lulusan SMA Pintar Lazuardi diharapkan Berkarakter welas asih. Anak-anak yang  memiliki kesadaran tinggi dalam belajar secara mandiri.Memiliki keterampilan yang menjadi minat dan bakat siswa, karena sudah mendalami sejak dini serta memiliki bekal keterampilan dasar yang dibutuhkan di era digital.

Seperti kita ketahui, sekolah online, khususnya untuk universitas dan SMA, tampaknya akan menjadi tren sekolah alternatif yang tak terhindarkan. Lazuardi konsisten akan ikut serta memberikan kontribusi pada sistem pendidikan di negeri kita. Dengan menyelenggarakan SMA Blended Learning tanpa meninggalkan kreativitas secara optimum. Caranya, dengan menambahkan aktivitas hands on mandiri siswa lewat project based learning.

SMA Pintar Lazuardi hadir sebagai jawaban bagi setiap anak di Indonesia untuk memiliki karakter welas asih, memiliki kesadaran tinggi dalam belajar secara mandiri, selain memiliki fleksibilitas waktu guna mendalami minat dan bakat, dan cerdas digital.*** 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kunjungan di RS Premier Bintaro, Mulai dari Mengenal Rumah Sakit Hingga Saran Dokter Soal Syaraf Kejepit

RS Premier Bintaro Gelar Diskusi Soal Syaraf Kejepit Minggu (3/8) kemarin, saya berkesempatan menghadiri acara yang digelar oleh RS Premier ...