Selasa, 23 Januari 2018

BBPLK Bekasi Menjawab Tantangan di Era Digital dengan Gelar Pelatihan Kompetensi


Kunjungan Blogger ke BBPLK Bekasi (22/1)
Senin pagi kemarin, 22 Januari 2018 merupakan hari yang penuh sesak dan padat merayap dibilangan Ciputat hingga menuju Stasiun Manggarai. Melawan derasnya hujan yang menghantarkan saya ke Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) yang ada di Bekasi, Jawa Barat. Dinginnya pagi bak suasana di puncak, namun tak sedikitpun menyurutkan semangat untuk mengikuti acara program Competency Based Training (CBT) atau Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi (PBK) tahap 1 tahun 2018.

Adapun peserta yang hadir berjumlah 576 orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. BBPLK Bekasi sendiri memiliki BLK binaan yang tersebar di daerah, misalkan saja di Bogor, Bandung, Semarang dan kota lain nya. Untuk seluruh masyarakat di Indonesia, silahkan datangi BLK terdekat, atau bisa juga kunjungi webnya langsung http://www.kios3in1.net/ untuk mengikuti pelatihan dan informasi lowongan kerja.

Acara ini dihadiri oleh Kepala BBPLK Bekasi Helmiaty Basri dan jajaran di BBPLK Bekasi serta dipantau langsung oleh humas dari Kemenaker. Helmiaty dalam sambutannya menegaskan bahwa pelatihan kerja ini sebagai wujud nyata program perluasan kesempatan kerja melalui pembinaan pelatihan keterampilan kerja pada masyarakat sekaligus upaya mempercepat pengurangan pengangguran.

“Pemerintah mempercepat pelaksanaan program pelatihan berbasis kompetensi untuk meningkatkan penguatan kualitas dan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia,” ungkap Kepala BBPLK Bekasi  Helmiaty Basri.

Helmiaty dalam sambutan nya menambahkan melalui program ini, maka dapat dimaknai sebagai upaya pemberian kemampuan atau juga sebagai bekal kepada warga masyarakat yang membutuhkan keterampilan, baik dibidang Elektronika Industri, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Refrigeration dan Pariwisata sebagai bekal untuk bekerja atau berwirausaha.

“Nah, disaat era globalisasi menghampiri kita semua, dimana kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang pesat. Hampir setiap saat, perubahan itu selalu terjadi pada setiap sektor kehidupan masyarakat.” Ujar Helmiaty.

Dia melanjutkan, di sisi lain, dengan disepakatinya Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN atau bahkan Kawasan Asia (AFTA) dan juga memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) menjadi permasalahan tersendiri, sekaligus hal itu menjadi tantangan yang harus kita hadapi.

Salah satu sektor yang senantiasa menjadi permasalahan yang harus dihadapi oleh setiap negara adalah faktor lapangan kerja dan ketersediaan tenaga kerja. “Kedua sektor ini memiliki hubungan yang saling ketergantungan antara satu dengan yang lainnya” tegas helmiaty.

Dia pun menambahkan ketidak-seimbangan antara ketersediaan lapangan kerja dan tenaga kerja akan berakibat pada terjadinya pengangguran yang pada giliran selanjutnya akan membawa dampak pada pembangunan sosial-ekonomi dalam kehidupan masyarakat yang semakin tidak menentu.

“Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah melalui BBPLK dalam rangka untuk menanggulangi pengangguran adalah melalui pelatihan berbasis kompetensi yang diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia melalui Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi ini.” Tambahnya dalam memberikan sambutan.

Untuk membekali kalian para peserta pelatihan ini kami menerapkan tidak hanya dari sisi Kemampuan Teknis semata (Hard Skill) namun juga akan dibekali dengan wawasan industri, etika dan motivasi atau yang biasa kita sebut dengan Softskill yakni kemampuan Interpersonal.

“Pada kesempatan ini, saya berpesan kepada seluruh peserta pelatihan, agar dapat mengikuti seluruh tahapan dan proses pelatihan ini secara serius dan sungguh-sungguh.” Harap kepala BBPLK.

Helmiaty pun  meyakini dan percaya, dengan mendapatkan pelatihan ini, seluruh peserta akan mendapatkan masa mendapatkan masa depan yang sukses dan memiliki skill untuk menjadi calon tenaga kerja terampil dan lebih dapat diterima oleh dunia industri.

Setelah pembukaan selesai, saya dan teman blogger lain nya diajak langsung oleh Kepala BBPLK Bekasi dan jajaran nya untuk mengetahui dan mengelilingi tempat-tempat yang dijadikan latihan bagi seluruh peserta yang sedang direnovasi.

Selanjutnya, kepala BBPLK pun mengenalkan beberapa tempat yang kami kunjungi, mulai dari tempat pelatihan, tempat ibadah, tempat tidur, tempat makan, tempat olahraga, dan kami juga diberikan waktu untuk mengunjungi Hotel BBPLK yang nantinya akan dijadikan tempat menginap para ASN yang ada di sekitar bekasi. Ada yang tau harga rate kamar hotelnya.

Dalam penuturan nya saat kami berkunjung di BBPLK Bekasi, Helmiaty mengatakan kalau rate untuk kamar sweet hotel seharga Rp 300.000, tentu ini sangat luar biasa bukan?. Mengingat, Hotel di luar sana, tidak akan memberikan seharga yang demikian, mungkin harganya akan jauh lebih mahal dengan fasilitas yang sama. Adapun kamarnya berjumlah 87. Untuk sweet roomnya berjumlah 12 kamar, sedangkan untuk sisanya standart room.

Setelah kami diajak berkeliling di seluruh pojok BBPLK Bekasi, kami dan seluruh stakeholder BBPLK Bekasi yang memiliki alamat di Jalan Guntur Raya No.1, Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bks, Jawa Barat 17144 kembali lagi ke ruangan untuk mendengarkan paparan yang disampaikan oleh Kepala BBPLK Bekasi mengenai apa saja target dan tujuan yang akan dilakukan selama 2018 dan target ke depan nya untuk mengantisipasi lonjakan pengangguran di era digital ini.

Re-Orientasi – Re-Vitalisasi – Re-Branding Balai Latihan Kerja

Kepala BBPLK Bekasi dalam pemaparan waktu itu mengatakan perlunya BLK Bekasi dan seluruh BLK yang ada di Indonesia untuk Re-Orientasi – Re-Vitalisasi – Re-Branding Balai Latihan Kerja. Menurutnya, apa yang ada di kepala masyarakat mengenai BLK itu sudah terlampau negatif, oleh karena itu, diperlukan kembali trik-trik jitu untuk mengangkat hal apa saja kegiatan yang positif yang dilakukan BBPLK Bekasi ini dalam menjawab masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat terutama pengangguran. BBPLK Bekasi hadir memberikan solusi untuk menjawab tantangan itu.

BBPLK hadir di masyarakat tidak mengambil keuntungan, namun hadirnya malah memberikan segala fasilitas yang ada gratis 100%, nah bagi siapa saja yang mau mengasah kemampuan tidak terpaut usia maupun pendidikan. Ini merupakan fasilitas negara, dalam hal ini Kemenaker melalui BBPLK Bekasi membuka kembali cakrawala masyarakat untuk menjemput kesuksesan.
Kira-kira apa saja sih keuntungan manfaat pelaksanaan 3-R BLK ini, dari pemaparan nya Kepala BBPLK Bekasi mengatakan, pertama Pembinaan kejuruan akan lebih mudah dan terarah, kedua, Pembinaan instruktur akan lebih terarah, adapun ketiga, Peningkatan kualitas dan kuantitas lulusan 10 kejuruan unggulan dan Peningkatan image balai latihan kerja.

Kemudian, Helmiaty menuturkan kembali dalam pemaparan nya, adapun masing-masing BBPLK ditetapkan sebagai pusat pengembangan dan pembina 2 kejuruan (kejuruan unggulan) secara nasional.

NO
NAMA BLK
KEJURUAN UNGGULAN
KETERANGAN
1
BBPLK BANDUNG
MANUFAKTUR
OTOMOTIF
2017
2
BBPLK SERANG
LAS
LISTRIK
2017
3
BBPLK BEKASI
ELEKTRONIKA
TEKNOLOGI INFORMASI
2017
4
BBPLK SEMARANG
FASHION TECHNOLOGY
ADMINISTRASI BISNIS DAN MANAJEMEN
2018
5
BBPLK MEDAN
BANGUNAN
PARIWISATA
2018

Lanjut dalam pemaparan nya, Kepala BBPLK Bekasi mengatakan Proyeksi Peningkatan Kapasitas Latihan mana saja sih yang melaksanakan 3 R ini,
  1.  Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bandung
  2.  Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang
  3.  Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi
  4.  Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang
  5.  Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan

Nah, ini target BBPLK Bekasi dalam memberikan pelayanan yang terbaiknya guna mengurangi pengangguran,
  1. Target peserta PBK sebanyak 20.080 orang
  2.  Target sertifikasi sebanyak sebanyak 12.880 orang
  3.  Bantuan Program sebanyak 1.500 orang
  4.  BLK Binaan  sebanyak 29 BLK
BBPLK Bekasi ini memiliki banyak BLK Binaan yang tersebar di seluruh Indonesia, tidak hanya bekerja sama dengan pemerintah daerah, namun BBPLK Bekasi ini pun menjemput bola dengan mengunjungi beberapa Komunitas yang ada di seluruh Indonesia, dalam hal ini pesantren.

Jemput bola yang dilakukan oleh BBPLK Bekasi ini merupakan terobosan yang perlu dilesratikan, mengingat pengangguran hanya bisa diatasi dari kepedulian pemerintah terhadap masyarakatnya, dalam hal ini BBPLK Bekasi sebagai panjang tangan pemerintah untuk berganteng tangan dengan masyarakat dalam mengatasi pengangguran.

Oleh karena itu, kepada seluruh masyarakat di Indonesia untuk berbondong-bondng ke BLK terdekat. Dan bagi masyarakat yang ada di sekitar Bekasi, dapat langsung datang ke BBPLK Bekasi yang ada di Jalan Guntur Raya No.1, Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bks, Jawa Barat 17144 dan dapat pula mengakses website http://www.kios3in1.net/ untuk mengetahui informasi lowongan kerja dan informasi apapun yang berkaitan dengan pelatihan berbasis kompetensi ini.








35 komentar:

  1. Wah ada hotel juga ya di dalam BBPLK, bisa diinapi dan bisa buat pelatihan keterampilan di bidang perhotelan jg nih. Kapan ya bisa staycation di sana hehehe. BTW saya jadi penasaran BLK Kabupaten Bogor kyk apa, soalnya kalau gak salah sekarang masuk jd binaan BBPLK Bekasi jg :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyha kak, saya baru tau.. ternyata BBPLK Bekasi memiliki hotel yang megah juga didalamnya. Keren juga yaaa

      Hapus
  2. Keren nih Bekasi. Punya tempat pelatihan yg asik dan seru banget. Pesertanya pasti betah selama proses belajar di sana ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak, kmrin pada betah saat kami berkunjung ke BBPLK Bekasi, seru banget kak.. klo ada saudara dan teman yang pengen daftar pelatihan, klik web http://www.kios3in1.net/

      Hapus
  3. Dukung program2 kerja dari BBPLK yang bisa menekan angka pengganguran pada masyarakat dan fasilitas nya lengkap ada hotelnya euyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, BBPLK Bekasi banyak sekali program-program pelatihan kompetensi, ini bisa dimanfaatkan buat masyarakat yang mau maju.

      Hapus
  4. Dukung program2 kerja dari BBPLK yang bisa menekan angka pengganguran pada masyarakat dan fasilitas nya lengkap ada hotelnya euyy

    BalasHapus
  5. BLK nya keren ya,property buat praktiknya lengkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, BBPLK Bekasi memang keren

      Hapus
  6. BLK sangat membantu bagi pelajar atau lulusan sekolah kejuruan untuk menambah keterampilan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak hanya SMA bu, pendidikan apapun bisa ikut di dalam nya, berapapun usianya, yang penting punya kemauan dan kemampuan.

      Hapus
  7. tempatnya woke banget, kebayang dong belajar dengan nyaman disini

    BalasHapus
  8. Salut dengan programnya Kementrian Ketenagakerjaan dan BBPLK Bekasi ini, semoga semakin banyak orang yang kompeten dan pengangguran jadi berkurang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, Amien.. terobosan ini patut kita dukung

      Hapus
  9. Bagus bangat nih pelatihannya, semoga semua peserta belajar dengat giat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, semoga betah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat

      Hapus
  10. Seru ya, bisa nambah skill gratis supaya bisa bersaing di dunia kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, wadah positif dalam era digital sekrang ini

      Hapus
  11. Sangat bermanfaat untuk orang banyak. Siapapun bisa nambah skill dan soft skill kalau mereka ingin benar-benar mau maju.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak, kemauan dalam diri harus disalurkan melalui BBPLK Bekasi ini. Menjawab tantangan dengan mengikuti pelatihan berbasis kompetensi adalah sebuah jawaban.

      Hapus
  12. Ada program pelatihan gratis jg ga buat ibu ibu rumah tangga yang mau manfaat waktunya? Xixxi ya Kali BLK bekasi mau menfasilitasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kak fika, buat para blogger silahkan cari tau informasinya disini http://www.kios3in1.net/ siapa tau, minat dan kemampuan nya disalurkan di BBPLK Bekasi ini.

      Hapus
  13. Wah sayang jauh bekasi, apakah ada yang di Jakarta? Alhamdulillah, ini bisa menjadi solusi untuk menambah keahlian. Jadi nggak usah keluar uang untuk kursus lagi, bila mau mendapatkan pelatihan berbasis kompotensi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada juga kak di Jakarta, iya.. sangat lumayan untuk mengembangkan kompetensi di BBPLK Bekasi.

      Hapus
  14. BLK kota lain gratis juga kan? cara daftarnya lewat mana ya? Website kios3in1?

    BalasHapus
    Balasan
    1. BLK Terdekat dulu aja kak, dan untuk mengetahui informasi lowongan bisa juga website kios3in1

      Hapus
  15. Saya pernah ikut pelatihan di sini selama 3 bulan untuk jadi tenaga administrasi.
    Adik saya malah bisa sampai kerja ke Jepang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adik ipar saya juga udh pernah mengikuti pelatihan di BLK Bandung dan sekarang sudah bekerja

      Hapus
  16. Enak ya ikut pelatihan kerja di BBPLK Bekasi ini, soale GRATIS dan fasilitasnya juga cukup lengkap. Semoga makin bnyak lulusan BBPLK Bekasi yang kompeten dan bedaya saing tinggi serta membanggakan Indonesia. Jujur aku baru tau loh mas kalau ada pelatihan kerja GRATIS di BBPLK Bekasi ini hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, selain Gratis.. buat yang ikut pelatihan juga disediakan lowongan yang diminati oleh peserta pelatihan, enak banget yaa

      Hapus
  17. wah bagus itu. untuk kemajuan nusan tara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Smoga bermanfaat mas, info artikel bisa juga disebarkan untuk orang yang sedang membutuhkan lowongan pekerjaan.

      Hapus

Viu Rilis “Shunshine” Original Series Indonesia Terbaru

Laura Basuki, Film Shunshine. Dok Pribadi Langit (Dion Wiyoko) yang terlalu besar rasa cintanya kepada Bumi (Sheila Dara), membuat p...