Blog berisi liputan acara dan tulisan pribadi.

Kamis, 10 September 2020

Omesh: Sukses Berawal dari Mindset



Kesuksesan seseorang dalam berbisnis bisa dari kemauan yang ia sendiri miliki, atau bisa juga faktor lingkungan, hasil bacaan yang kemudian di praktikkan dalam berbisnis atau juga orang tuanya yang sudah sukses. Nah, kondisi pandemi harus memutar otak untuk terus berinovasi. Hmm, kira-kira mau bisnis apa yaa di tengah himpitan musibah ini.

Pernah juga dalam bulan agustus kemarin, saya melakukan traveling ke Kawah Putih, Tebing Keraton dan Bukit Moko yang ada di Bandung, Jawa Barat. Saya menyoroti beberapa usaha yang terlihat cukup ramai, misalkan saja saya makan lontong kari di pinggir jalan hingga makan sate di kedai setelah jalan-jalan di tempat pariwisata yang begitu indahnya.

Pas banget nih, dalam beberapa waktu lalu saya mengikuti fun talk yang digelar oleh Home Credit yang menghadirkan Omesh panggilan akrab dari seorang artis yang bernama Ananda Rusdiana ini bercerita di masa pandemi seperti sekarang ini. “dari kecil sampai kuliah pun saya berjualan susu” cetus artis yang memiliki banyak talenta ini menerangkan saat live di instagram di Home Credit, Rabu (8/9).

Saya sendiri saat begitu semangat saat mendengarkan omesh ini bercerita, nampak ia menjelaskan pengalaman kesukesan nya dari kecil hingga ia menuai kesuksesan setenar ini. Ketidaksombongan yang ia miliki tentu saja membawa ia pada kesuksesan yang ia rengkuh sekarang ini.

Omesh senang menjalani




Omesh begitu senang menjalankan dunianya, bahkan ia sendiri pernah ngamen untuk menyambung hidupnya. “Saya sales promotion boy selama kuliah salah satu produk susu di mall-mall kaya gitu. Jadi memang udah biasa jualan.” kata omesh begitu riang menerangkan masa-masa untuk bisa hidup mandiri.

Masa pandemi ini dampaknya besar sekali, perusahaan yang berhubungan dengan pariwisatapun turun sekali menjadi 80-90% bandung kunafe. Untuk tigre hood penuruan terjauh sampai 75% karena ini kebutuhan tersier atau hobi tidak ada keuntungan pandemi. Namun, tersier lainnya seperti kura-kura cupang dan olahraga lainnya tida mengalami kerugian mendalam malah dapat keuntungan, malah jadi naik karena orang berpikiran nyari kesibukan atau olahraga biar sehat. Tutup selama dua bulan tutup kemarin.

Omesh juga membagikan tips agar bisa keluar dari kegagalan. Ia menceritakan pengalaman banyak bisnisnya diantaranya bisnis Warung Macan, es potong singapura di beberapa Itc di Jakarta. Menurutnya bisnis itu perlu perhitungan, tapi saat gagal harus bisa menjadi pelajaran, kita perbaiki dan bangkit untuk dari keterpurukan. Harus bagaimana untuk bangkit dan harus memperbaiki kesalahan yang sudah terjadi.

Hal yang paling sederhana adalah kita memang ahlinya dibidangnya. Jangan pernah berhenti untuk bangkit dan terus belajar. Omesh juga belajar lagi dalam menghadapi bisnis ini “Saya mau sekolah lagi di kampus bisnis, bener-bener ingin belajar bisnis strategi, menyusun neraca dan bisnis plane yang berhubungan untuk tiga tahun mendatang, belajar dimanapun, seperti halnya belajar lewat Home Credit ini Fun Talk yang keren ini” supaya bisa mendapatkan ilmu dan belajar dari orang-orang yang sudah memiliki pengalaman.



Dalam menapaki karir bisnisnya, omesh juga memiliki role model dalam bentuk perusahaan bukan secara personal, tigre hood diharapakan seperti zara yang harus ada di semua negara.

Omesh juga menerapkan dalam keseharian bisnisnya dan melakukannya dalam usahanya. Ia juga menceritakan bisnisnya selalu menggunakan jasa hrd, bahkan setiap bulan menggunakan audiitor. “Semua yang mau menjadi karyawan saya itu pasti melalui proses hrd, tes psikologi, karena investasi manusia dan saya memposisikan untuk menjadi besar” terang Omesh begitu yakin menjelaskan bisnisnya.

Harus bersikap menjadi perusahaan yang besar. “Saya sendiri menyiapkan BPJS, sistem gaji yang memiliki lembur, uang transpor, uang kesehatan dan tertib administrasi.” Yang begitu senang menjelaskan bagaiman ia menerapkan bisnisnya agar terus membesar.

“Mind set itu harus ditanamkan, kalau mau sukses ya harus berpikir menjadi orang sukses.” Cetus Omesh menyakinkan peserta fun Talk #AyoMajuBersama Home Credit.



Dalam menghadapi pandemi sekarang ini, Omesh juga memberikan pesan kepada kita semua. Pelajari apa yang mau dilakukan dan persiapkan sebaik mungkin.

Nah itu saja, obrolan kita kali ini, bakal masih banyak lagi pembicara lainnya di acara Fun Talk yang diselenggarakan Home Credit. Selalu pantengin instagram Home Credit yaa, siapa tau bakal lebih seru dan memperbanyak dari obrolan dari Omesh: Mimpi Besar Berawal dari Mindset.

1 komentar:

  1. Menarik banget nih untuk dibaca. Saya sangat suka dengan "Pelajari apa yang mau dilakukan dan persiapkan sebaik mungkin"

    BalasHapus

Ada Senja di Rooftop Badan Litbang Kemendagri

Senja sore itu bener-bener memberikan keindahan yang sangat menyejukkan. Apalagi kala itu kami, melihatnya setelah seharian bekerja, Nampak ...